PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan
pengamatan yang kami lakukan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di
Instalasi Farmasi RSUD Ungaran kami dapat mengambil kesimpulan bahwa :
1.
RSUD
Ungaran berlokasi di Jalan Diponeoro no. 25 Ungaran, selain itu RSUD Ungaran juga
memiliki beberapa dokter spesialis yang sudah sangat berpengalaman.
2.
RSUD
Ungaran merupakan rumah sakit tipe C yang memberikan pelayanan kesehatan
bersifat dasar dan spesialis dengan 206 tempat tidur dan 11
pelayanan medis spesialistik.
3.
Instalasi
Farmasi RSUD Ungaran merupakan fasilitas pelayanan kefarmasian yang
melaksanakan segala bentuk pelayanan kefarmasian di RSUD Ungaran.
4.
Pelayanan
di Instalasi Farmasi RSUD Ungaran baik untuk resep rawat jalan maupun rawat inap
cukup baik dengan cepat dan tepat, para karyawan
bersikap ramah terhadap pasien,
5.
Penyimpanan
obat dilakukan berdasarkan urutan abjad dan bentuk sediaan, sehingga dapat memudahkan dalam pencarian dan pengawasan sediaan obat.
6.
Secara
keseluruhan RSUD Ungaran telah memenuhi persyaratan rumah sakit dan Instalasi
Farmasi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan motto
yang ada yaitu :
Cepat,
tepat
Efektif,efisien
Ramah
Inovatif
Akuntabel
5.2
Saran
Setelah
kami melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Instalasi Farmasi RSUD
Ungaran, kami memiliki beberapa saran agar IFRS RSUD Ungaran semakin baik.
Berikut beberapa saran yang dapat kami berikan :
1.
Diusahakan
memenuhi ketersediaan jenis obat yang sesuai dengan Formularium Rumah Sakit di
Instalasi Farmasi RSUD Ungaran.
2.
Lebih
meningkatkan kerjasama yang baik antar karyawan di Instalasi Farmasi RSUD
Ungaran, agar pasien merasa lebih puas dengan pelayanan kesehatan yang
diberikan.
3.
Menjaga
kebersihan di Instalasi Farmasi RSUD Ungaran.
4.
Menandai
resep – resep yang terdapat obat golongan narkotika dengan tanda palang medali merah,
untuk menghindari salah penempatan antara resep biasa dan resep narkotika.
5.
Memperbaiki
sarana dan prasarana yang ada di Instalasi Farmasi RSUD Ungaran, antara lain :
a.
Komputer
untuk pelayanan.
b.
Penambahan
keranjang obat supaya tidak ada obat-obat yang di tempatkan di kardus yang
diletakkan di atas almari.
c.
Penataan
ruangan terutama untuk ruang peracikan agar kegiatan pelayanan dapat terlaksana
dengan lebih maksimal.
No comments:
Post a Comment